MINGGU KE
|
UNIT KOMPETENSI
|
ELEMEN KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK
KERJA (PERFORMANCE)
|
ALOKASI WAKTU
|
MEDIA/
BAHAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
TEKNIK EVALUASI
|
REFERENSI
|
T
|
P
|
1
|
TUHAN
YANG MAHA ESA
|
1. Mahasiswa
mampu menyadari dan menghayati peranan penting Agama dalam kehidupan manusia
dan masyarakat secara khusus peranannya dalam pengembangan yang utuh menyeluruh
|
1. Menjelaskan
dengan kata-kata sendiri peran agama bagi kehidupan manusia, khususnya dalam
pengembangan kepribadian manusia yang utuh
|
2X45
menit
|
-
|
- Alkitab
- Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
- Komunitas gerejawi
- Budaya actual
- Media cetak
- Nara sumber
- Media elektronik dan computer
- Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
|
-
Portofolio kelompok/ individu
(ppt,
-
laporan-laporan, artikel)
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Boland, B.J. & Niftrik, Dogmatika Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1980)
Hadiwiyono, H, Iman
Kristen, Jakarta, 1982
Herlianto, Siapakah
yang bernama Allah itu?, Jakarta , 2001
Joesoef Fou,
Agama-agama Besar di Dunia, Jakarta, 1983
Yeow,
Choo Lak, To God Be The Glory, (Singapore:
TrinityTheological College, 1981)
|
2
|
|
2.
Mahasiswa mampu
menghayati makna kepercayaan kepada Tuhan dalam praktek kehidupan sehari-hari
dalam relasi dengan Tuha, sesama dan tanggund jawabnya terhadap pemeliharaan
alam semesta ini.
|
2.
Menjelaskan dengan kata-kata sendiri implikasi kepercayaan kepada Tuhan
sebagai pencipta dan pemelihara, penyelamat, dan pembaharu dalam kehidupan
Kristiani di dalam konteks masyarakatnya
|
2X45 menit
|
-
|
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
- Komunitas gerejawi
- Budaya actual
- Media cetak
- Nara sumber
- Media elektronik dan komputer
- Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Presentasi
PPT
|
-
Portofolio kelompok/ individu
(ppt,
-
laporan-laporan, artikel)
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
-
Assesment
-
Inquiry
|
Hadiwiyono, H, Iman
Kristen, Jakarta, 1982
Herlianto, Siapakah
yang bernama Allah itu?, Jakarta , 2001
Ismael Andar Selamat Berkembang, Jakarta: BPK
Gunung Mulia, 2003
Joesoef Fou,
Agama-agama Besar di Dunia, Jakarta, 1983
|
3
|
MANUSIA
|
Mahasiswa mampu
menyadari hakikatnya sebagai mahluk religius/spiritual, moral, sosial, serta
rasional agar dapat menjalani kehidupannya sebagai mahasiswa dengan
memperkembangkan diri seutuhnya dalam semua dimensi kehidupan
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memberi makna serta implikasi
terhadap hakikat manusia sebagai:
1.
Mahluk ciptaan Tuhan: makna dan hakikatnya
2.
Mahluk religius: makna makna dan hakikatnya
3.
Mahluk etis/moral: makna dan
hakikatnya
|
3x 45
menit
|
-
|
- Alkitab
- Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
- Komunitas gerejawi
- Budaya actual
- Media cetak
- Nara sumber
- Media elektronik dan komputer
(laptop),slide
- Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Presentasi
PPT
4. Presentasi kelompok
5. Diskusi
|
-
Assesment Portopolio
kelompok/individu (ppt laporan -laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Boland, B.J. & Niftrik, Dogmatika Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1980)
Hadiwiyono, H, Iman
Kristen, Jakarta, 1982
Abineno, J.L.Ch, Manusia dan
sesamanya, Jakarta, 2003 Arkitson,D
Kejadian I-II, Jakarta, 1996
Verkuyl, J. Etika Kristen, Bagian
Umum, Jakarta, 1985
|
4.
|
|
Mahasiswa mampu
menyadari hakikatnya sebagai mahluk religius/spiritual, moral, sosial, serta
rasional agar dapat menjalani kehidupannya sebagai mahasiswa dengan
memperkembangkan diri seutuhnya dalam semua dimensi kehidupan
|
4. Mahluk sosial: Mana da Implikasinya
5. Mahluk rasional: makna dan impliksinya, khususnya
dalam hubungan dengan perkembangan kebudayaan dalam arti umum, dan secara
khususpengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
6. Mahluk berdosa: makna dosa baik yang individu
khususnya dosa sosial, serta implikasi kedosaan manusia dalam hubungan
manusia yang multidimensionaal: dengan Tuhan , sesama, diri sendiri, dan alam
ciptaan
|
2X45 menit
|
-
|
- Alkitab
- Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
- Komunitas gerejawi
- Budaya actual
- Media cetak
- Nara sumber
- Media elektronik dan komputer
(laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi / Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Inquiry
-
Portofolio
kelompok/ individu (ppt, laporan-laporan, artikel)
-
Presentasi
lisan
-
Pengamatan
perilaku
|
Boland, B.J. & Niftrik, Dogmatika Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1980)
Hadiwiyono, H, Iman
Kristen, Jakarta, 1982
Abineno, J.L.Ch, Manusia
dan sesamanya, Jakarta, 2003 Arkitson,D
Kejadian I-II, Jakarta, 1996
Verkuyl, J. Etika Kristen,
Bagian Umum, Jakarta, 1985
|
5
|
MORALITAS
|
Mahasiswa mampu
memahami hakikat moralitas Kristiani dan hubungan antara iman dan moralitas berdasarkan perspektif
Kristen untuk mengidentifikasi berbagai isu moral sosial yang ada di dalam
kehidupan dewasa ini
|
1.
Menjelaskan hakikat moralitas Kristiani, serta hubungan timbal balik
antara iman dan moralitas
2.
Bersikap Kritis, konstruktif menhadapi tantangan arus global
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
- Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
- Komunitas gerejawi
- Budaya actual
- Media cetak
- Nara sumber
- Media elektronik dan komputer
(laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi / Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan -laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Verkuyl, J. Etika Kristen,
Bagian Umum, Jakarta, 1985
Bertens, Etika,
Gramedia, Jakarta, 2001
Haiwiyono,H, Iman Kristen, Jakarta 1982
|
6
|
|
Mahasiswa mampu
memahami hakikat moralitas Kristiani dan hubungan antara iman dan moralitas berdasarkan perspektif
Kristen untuk mengidentifikasi berbagai isu moral sosial yang ada di dalam
kehidupan dewasa ini
|
3.
Membangun kesadaran dan sikap moral kristiani berhadapan dengan berbagai
isu moral sosial yang dihadapinya
4.
Memiliki kesadaran etis sesuai dengan perkembangan kepribadiannya dalam
hidup kesehariannya
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi / Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan -laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Verkuyl, J. Etika Kristen,
Bagian Umum, Jakarta, 1985
Bertens, Etika,
Gramedia, Jakarta, 2001
Haiwiyono,H, Iman Kristen, Jakarta 1982
|
7
|
MASYARAKAT
|
Mahasiswa mampu
berdiri di garis terdepan dalam pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan hak
dan kewajibannyasebagai individu sekaligus sebagai warga bangsa dalam
masyarakat madani (civil society) sesuai
dengan rpinsip-prinsip kristiani
|
1.
Mahasiswa menjelaskan beberapa prinsip hidup bermasyarakat dengan mengacu
kepada isi Alkitab
2.
Mahasiswa sanggup melakukan rencan konkrit untuk pemberdayaan masyarakat
demi meraih hari depan yang lebih adil dan sejahtera dalam masyarakat yang
berkeadilan dan beradab
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi / Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan -laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Hendropspita,
Sosiologi Agama, Yogyakarta, 1983
Stott, John,
Isu-isu Global, Jakarta,1984
Verkuyl, J, Etika Kristen,Ras, Gereja, Bangsa dan
Negara, Jakarta,1979
Abineno,
J.L. Ch, Manusia dan Sesamanya di dalam
dunia, Jakarta, 2003
|
8
|
|
Mahasiswa mampu
berdiri di garis terdepan dalam pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan hak
dan kewajibannyasebagai individu sekaligus sebagai warga bangsa dalam
masyarakat madani (civil society) sesuai
dengan rpinsip-prinsip kristiani
|
3.Mahasiswa merumuskan pergumulan masyarakat secara
umum
4. Mahasiswa mengajukan bentuk partisipasi umat Kristen
dalam pergumulan masyarakat
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan -laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Hendropspita,
Sosiologi Agama, Yogyakarta, 1983
Stott, John,
Isu-isu Global, Jakarta,1984
Verkuyl, J, Etika Kristen,Ras, Gereja, Bangsa dan
Negara, Jakarta,1979
Abineno,
J.L. Ch, Manusia dan Sesamanya di dalam
dunia, Jakarta, 2003
|
9
|
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DAN
SENI
|
Mahasiswa mampu
memahami dan menghayati hubungan timbal balik yang positif antara iman dan
ilmu pengetahuan serta teknologi modern serta memberi landasan imaniah bagi
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern demi kesejahteraan umat
manusia serta kelestarian alam ciptaan Tuhan dan kemuliaan Tuhan
|
1.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan timbal balik antara iman dengan
iptek dalam sejarahnya
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan yang bermakna antara iman dan sains
dari sudut pandang iman kristiani
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Verkuyl, Etika Kristen, (Kebudayaan), Jakarta,
1982
Mulder, D.C,
Iman dan Ilmu Pengetahuan, Jakarta,
1983
Covey, Tujuh Kebiasaan Manusia yang sangat
efektif, akarta, 1994
Verkuyl, J, Fragmenta Apologetika, Jakarta,1982
|
10
|
|
|
3.
Mahasiswa mampu mendefinisikan hakikat teknologi dan seni
4.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dampak negatif dan positif dari teknologi
5.
Mahasiswa mampu merumuskan kriteria yang sesuai dengan iman dan etika
Kristen mengenai pengembangan dan penggunaan iptek yang bertanggung jawab
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman.
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Verkuyl,
Etika Kristen, (Kebudayaan), Jakarta,
1982
Mulder, D.C, Iman dan Ilmu Pengetahuan, Jakarta,
1983
Covey, Tujuh Kebiasaan Manusia yang sangat efektif, akarta, 1994
Verkuyl, J, Fragmenta Apologetika, Jakarta,1982
|
11
|
BUDAYA
|
Mahasiswa menunjukkan sikap yang benar terhadap
kebudayaan sesuai dengan iman Kristen
|
1.
Mahasiswa menjelaskan hakekat kebudayaan
2.
Mahasiswa menyebutkan beberapa wujud kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Verkuyl,
Etika Kristen, (Kebudayaan), Jakarta,
1982
Verkuyl, J, Fragmenta Apologetika, Jakarta,1982
Haiwiyono,H, Iman Kristen, Jakarta 1982
Nababan, SAE, Iman dan Kemiskinan, Jakarta,
1966
Brownlee,M, Tugas Manusia dalam
dunia milik Tuhan, Jakarta, 2004
|
12
|
|
|
3.
Mahasiswa menjelaskan mengapa terjadi krisis nilai dalam kebudayaan
4.
Mahasiswa memberikan sikap yang benar terhadap kebudyaan sesuai iman
Kristen
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Verkuyl,
Etika Kristen, (Kebudayaan), Jakarta,
1982
Verkuyl, J, Fragmenta Apologetika, Jakarta,1982
Haiwiyono,H, Iman Kristen, Jakarta 1982
Nababan, SAE, Iman dan Kemiskinan, Jakarta,
1966
Brownlee,M, Tugas Manusia dalam
dunia milik Tuhan, Jakarta, 2004
|
13
|
POLITIK
|
Menumbuh
kembangkan kesadaran dan penghayatan akan peran sebagai generasi muda Kristen
yang memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia, menyadari
bahwa orang Kristen wajar berpartisipasi dalam politik di Indonesia
|
1.
Mahasiswa merumuskan pengertian politik yang hakiki menurut iman Kristen
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Barent, Pengantar Ilmu Politik, Jakarta,
Erlangga
Brownlee,M, Tugas Manusia dalam dunia milik Tuhan,
Jakarta, 2004
DGI, Melihat Tanda-tanda Zaman, Jakarta
1976
Dep.AG.
R.I., Pembinaan Kehidupan Beragama di
Indonesia,1982
Suseno,
Frans Magnis, Etika Politik, Gramedia,
Jakarta
|
14
|
|
|
2.
Mahasiswa mengemukakan bentuk-bentuk partisipasi politik orang Kristen
dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Barent, Pengantar Ilmu Politik, Jakarta,
Erlangga
Brownlee,M, Tugas Manusia dalam dunia milik Tuhan,
Jakarta, 2004
DGI, Melihat Tanda-tanda Zaman, Jakarta
1976
Dep.AG. R.I.,
Pembinaan Kehidupan Beragama di
Indonesia,1982
Suseno,
Frans Magnis, Etika Politik, Gramedia,
Jakarta
|
15
|
HUKUM
|
Mahasiswa mampu
memiliki pemikiran yang komprehensip mengenai peran agama Kristen dalam
rangka penegakan hukum yang adil dan benar
|
1.
Menganalisis situasi penegakan hukum di Indonesia saat ini
2.
Membuat rangkuman mengenai peran agama Kristen sebagai alat kontrol
terhadap kekuasaan, kebenaran dan keadilan
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Apeldorn, Pengantar Ilmu Huku, Pradnya Paramita,
Jakarta,1983
Sudaarsono, Pengantar Ilmu Hukum,
Rineka Cipta Jakarta
Kunthoro dkk, Bunga Rampai Ilmu
Hukum, Liberti, Yogyakart a,
1984
Kuncoro Purbopranoto, Prof., Hak-hak
Asasi Manusiadan Pancasila, Jakarta, Pradnya Paramita, 1976
|
16
|
|
|
3.
Menjelaskan Partisipasi nyata mahasiswa Kristen dalam rangka perwujudan
HAM dan Demokrasi di Indonesia
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Apeldddorn, Pengantar Ilmu Huku, Pradnya Paramita,
Jakarta,1983
Sudaarsono, Pengantar Ilmu Hukum,
Rineka Cipta Jakarta
Kunthoro dkk, Bunga Rampai Ilmu
Hukum, Liberti, Yogyakart a,
1984
Kuncoro Purbopranoto, Prof., Hak-hak
Asasi Manusiadan Pancasila, Jakarta, Pradnya Paramita, 1976
|
17.
|
KERUKUNAN
|
Menjelaskan
pluralisme agama sebagai kebutuhan dan kekayaan bangsa yang harus disyukuri
dan merancang program kerja ssama yang bernuansa multikultural
|
1.
Mahasiswa mampu merumuskan makna
kerukunan hidup beragama secara konkrot dalam hidup bermasyarakat
2.
Mahasiswa mampu menganalisis kenyataan pluralisme-multikultural di
Indonesia dan pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat
|
2X45 menit
|
-
|
Alkitab
-
Lingkungan alam sekitar
- Lingkungan sosial masyarakat
-
Komunitas gerejawi
-
Budaya actual
-
Media cetak
-
Nara sumber
-
Media elektronik dan komputer (laptop),slide
-
Kepustakaan
|
1. EKSPLORASI
(artikel, kasus dsbnya)
2. Sharing
– untuk saling memperkaya pemahaman
3. Diskusi/Debat
4. Presentasi
PPT
5. Presentasi kelompok
|
-
Portopolio kelompok/individu (ppt
laporan – laporan, artikel)
-
Inquiry
-
Presentasi lisan
-
Pengamatan perilaku
|
Hendropspita,
Sosiologi Agama, Yogyakarta, 1983
Stott, John,
Isu-isu Global, Jakarta,1984
Verkuyl, J, Etika Kristen,Ras, Gereja, Bangsa dan
Negara, Jakarta,1979
Abineno,
J.L. Ch, Manusia dan Sesamanya di dalam
dunia, Jakarta, 2003
|